Rabu, 25 November 2015

Cara Mencegah Penyakit Ambeien Agar Tidak Parah


Penyakit wasir atau ambeien merupakan ganguan kesehatan yang terjadi pada siapa saja, yang pada umumnya ditandai dengan pembengkakan pada anus. Pembengkakan ini biasanya terjadi akibat terlalu seringnya duduk atau faktor kehamilan (bagi wanita).

Penyebab munculnya wasir pada pria dan wanita
Secara umum penyebab wasir sebenarnya sangat beragam, misalnya disebabkan karena faktor genetika atau yang lebih dikenal dengan faktor keturunan. Penyakit ambeien atau secara umum dikenal dengan wasir ini juga dapat diakibatkan karena terlalu sering mengejan ketika buang air besar (BAB) serta dapat dialami oleh ibu hamil. tetapi, umumnya penyebab wasit adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Hal itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena seperti ketika sedang menstruasi atau hamil.

Secara umum penyebab wasir atau ambeien adalah sebagai berikut:
  1. Mengalami diare menahun
  2. Kehamilan karena perubahan hormonal
  3. Fakor keturunan
  4. Penyakit yang membuat penderita sering mengejan, misalnya : pembesaran prostat jinak ataupun kanker prostat, penyempitan saluran kemih.
  5. Obstipasi (konstipasi/sembelit) yang menahun.
  6. Terlalu banyak duduk.
  7. Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah pora (di dalam rongga perut), sakit liver jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung, dan limpa bengkak.
  8. Peregangan, misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.
Makanan untuk mencegah wasir atau ambeien agar tidak parah
  1. Cairan, kurang lebih dua liter sehari.
  2. Sereal ; Beras, jangung, gandum, roti,dll
  3. Kacang-kacangan : Kacang polong, buncis, kacang-kacangan, kedelai, dll
  4. Buah ; Apel, strawberry, pisang, pir, jeruk, dll
  5. Sayuran : Wortel, bayam, dll
Cara mengatasi penyakit ambeien agar tidak parah
  1. Krim atau salep. Anda dapat mengoleskan salep atau suppositoria yang berisi hydrocortisone.
  2. Basuh daerah yang terkena wasir. Basuh dengan lembut daerah wasir dengan air hangat (jangan gunakan sabun).
  3. Kompres es/dingin. Jika Anda menerapkan kompres dingin pada daerah yang terkena wasir, maka akan mengurangi pembengkakan.
  4. Analgesik. Beberapa obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan paracetamol dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

  48 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf mas pertamax nya kosong tinggal premium

      Hapus
    2. Sekarang kata pertamax sidah jadi trend tuh

      Hapus
    3. yang dapet pertamax saya cuma bisa ucapkan SELAMAT hahaha :D

      Hapus
  2. wah saya masuk poin 6 penyebab ambein, banyak duduk. biasa didepan layar mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga sering duduk di depan layar, sebaiknya melakukan pergangan, misalnya kalo setiap 3 jam sekali berdiri atau banyakin minum air putih

      Hapus
  3. Sodara saya sudah lama terkena penyakit ini sampe sekarang belum sembuh juga. cara mengatasi dan penyembuhannya gmna ya mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake cream atau salep aja, biasanya ada di apotik

      Hapus
  4. Ternyata faktor penyebab2 nya banyak mbak ya..?wah jadi kudu waspada dan menjaga pola hidup sehat niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencegah lebih baik daripada mengobati

      Hapus
    2. yang terpenting banyakin minum sama makan sayuran dan buah2an aja mas kalo ga mau kena ambeien :)

      Hapus
  5. saya pernah edengar ambiyen itu ada 4 stadium ya mbak, yang palin parah stadium 4 apa benar mb? soalnya belum begitu paham :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambeien memang terbagi 4 stadium mas

      Ambeien stadium I. Stadium ini ditandai dengan mulai timbulnya rasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di dalam anus.
      Ambeien stadium II. Stadium ini ditandai dengan adanya bercak darah pada kotoran yang keluar dari anus. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan kotoran pada pembuluh darah yang mengalami pembengkakan.
      Ambeien stadium III. Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan dari anus yang tidak bisa kembali masuk dengan sendirinya
      Ambeien stadium IV. Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan yang tidak bisa kembali masuk lagi meski pun sudah dimasukkan dengan jari tangan. Tonjolan itu selalu kembali keluar disertai dengan bercak-bercak darah.

      Hapus
    2. wah, bahaya banget ini ya mb, semoga aja kita sehat semua mb :) amin

      Hapus
  6. aduuuuh nyeri banget ngeliyat potonya aja kebawa ikut merasakan ambeien.
    Apakah bisa disembuhkan tanpa operasi?
    Buah, sayur baik utk pencegahan. terimakasih mbak, infonya berguna banget,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sauran akan membuat lancar BAB, dan tentu saja bisa untuk mencegah ambeien

      Hapus
    2. iya betul sekali, asalkan banyak minum air putih dan perbanyak sayuran serta buah-buahan jangan lupa sesekali olahraga

      Hapus
  7. wah bisa kena ambien yah kalo sering terlalu lama duduk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,apa lagi kalo yang pekerjaan nya menuntut untuk duduk terus, misalnya kaya kerja kantoran kan selalu duduk dan didepan layar komputer

      Hapus
    2. saya banget itu mba seharian duduk depan komputer -_-

      Hapus
  8. Benar juga blogger juga kudu waspada jangan keasyikan ngenet jadi lupa bangun dari kursi

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk saya juga sama mas hehehe, kalo udah keasikan ngeblog udah deh lupa waktu hehe

      Hapus
  9. Kelamaan duduk dapet menyebabkan wasir/ambeien ya... kalau udah faktor keturunan, mau gimana lagi... harus mencegah agar tidak kena ambeien... nyiksa kalau kena ambeien, yang tadinya enak duduk, malah buat duduk aja sakit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah faktor keturunan jika di cegah sebelumnya ga bakal terjadi ko
      biasanya kalo yang kena ambeien di atas kursi suka di kasih bantal biar ga sakit pas duduk

      Hapus
  10. kayaknya memang harus di biasakan minum air yang cukup dan jangan terlalu sering duduk. masalahnya yang saya lihat aktifitas sekarang banyak duduknya daripada jalan....untung aja saya dapat tugas lapangan mbak, jadi kerjanya ya mondar mandir. heeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbah, saya juga kalo sehari2 kerjaan harus di depan komputer terus, makanya seminggu sekali atau beberapa jam sekali sengaja mondar mandir aja, menghindari amebeien hehe

      Hapus
  11. wah saya pernah nih waktu saat sedang kelelahan dipaksain buat angkat beban berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu faktor penyakit amebeien juga memang karena mengangkat beban yang terlau berat, selain menyebabkan ambeien kalo buat pria dapat menyebabkan turun berok kalo terlalu berat angkat beban, jadi perlu hati2

      Hapus
    2. iya mba jangan memaksa bila tidak mampu

      Hapus
  12. waduh gawat nih, kbanyakan duduk bisa mnyebabkan ambeien y...sy sring bnyk duduk

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal dan izin follow ya :)

      Hapus
    2. salam kenal kembali, terimakasih sudah follow, saya juga akan follow kembali :)

      Hapus
  13. Peringatan tuh buat blogger yang tiap hari duduk didepan monitor, harus banyak-banyak minum air putih tuh, ya ndak mbak defa?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, saya juga termasuk salah satu nya, kalo udah ke asikan ngeblog lupa segalanya hehe

      Hapus
  14. wih ambeien ternyata bisa karena faktor keturunan juga ya?
    kirain ini penyakit ringan aja lo yang mudah sembuh.. ternyata serem juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, saya pun kurang begitu paham sih sama penyakit ambien, hanya dengar saja itu :) moga kita selalu dalam keadaan sehat selalu, aminn

      Hapus
    2. amin, moga kita semua terhindar dari penyakit ambeien

      Hapus
  15. aku baru tau ternyata faktor keturunan bisa ya mbak??

    BalasHapus
  16. ternyata ambeien ini bisa juga keturunan ya mbak?mungkin dengan mengkonsumsi makanan yang mbak defa sebutkan diatas setidaknya bisa mencegah penyakit ambeien ya, serem juga ya penyakit ambeien ini mbak..

    BalasHapus
  17. ingat lagi pas dulu tes polisi,
    ambeien nya juga di tes, jadi senyum2 sendiri pas ingat waktu tes ambeien tersebut,,... hehehe
    semoga dengan tips ini bisa membantu orang yang terkena ambeien ya mbak..

    BalasHapus
  18. waduh terlalu banyak duduk bisa juga terjangkit penyakit ambeien ya Mbak ? . takut juga ya hehe

    BalasHapus
  19. "pada umumnya penyebab wasit adalah...", wasir kali ya yang dimaksud...

    Ternyata ada faktor keturunan juga ya mba, baru tau sayanya.

    Tapi yang penting mah tetap banyak minum air putih ya...

    BalasHapus

Setelah anda membaca artikel kami,silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah.Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Mengenai Saya

Foto saya

jika anda mencari informasi mengenai kesehatan maka silahkan baca artikel kami , terimakasih sudah mau berkunjung

Google+ Followers


HIMBAUAN


Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi :

PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999

Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.